8 Tips Cara Mendidik Anak Agar Sholeh

Salah satu harapan terbesar bagi para orangtua adalah menjadikan anaknya tumbuh menjadi pribadi yang baik dan berakhlak sholeh. Karena kebanggaan orangtua adalah melihat anaknya mampu berbuat baik bukan hanya pada dirinya sendiri, melainkan juga pada pihak lain. Sehingga cara mendidik anak agar sholeh begitu diperhatikan oleh para orangtua. 

Namun, mendidik anak sebenarnya bukanlah hal yang mudah. Kepribadian manusia yang unik menjadikan sifat anak-anak antara satu dan yang lain bisa jadi sangat berbeda. Itulah mengapa cara mendidik anak agar sholeh lebih seperti ‘seni’ alih-alih bersifat kaku. 

Bagi Anda yang sudah dikaruniai buah hati dan masih menerka-nerka bagaimana cara mendidik anak agar sholeh, berikut ini ada 8 tips cara mendidik anak agar sholeh serta rekomendasi bacaan cara mendidik anak agar sholeh yang patut Anda simak. 

8 Tips Cara Mendidik Anak Agar Sholeh

Infografis 8 Cara Mendidik Anak Agar Sholeh dan Sholeha
Infografis 8 Cara Mendidik Anak Agar Sholeh dan Sholeha

Cara mendidik anak agar sholeh memerlukan pendekatan yang unik. Hal ini karena kepribadian anak memiliki perbedaan satu sama lain. Meskipun begitu, cara mendidik anak agar sholeh memiliki garis benang merah yang sama karena memiliki tujuan yang jelas, yakni membentuk karakter dan pribadi anak menjadi lebih baik. 

Berikut ini adalah kiat atau tips cara mendidik anak agar sholeh yang bisa Anda terapkan untuk mendidik buah hari Anda. 

  1. Kenali lebih dalam seputar kepribadian anak

Kepribadian manusia adalah hal yang unik, karena satu dengan yang lain bisa sangat berbeda. Begitu pun juga pada anak. Sehingga, pendekatan untuk mengetahui kepribadian anak pun juga memerlukan kiat khusus. 

Sehingga cara mendidik anak agar sholeh yang pertama Anda lakukan adalah mengenali lebih dalam bagaimana kepribadian anak. Sebagai contoh, kenali apakah anak Anda adalah tipe yang sangat aktif atau pasif. Karena jika anak Anda pasif dan Anda melakukan pendekatan seperti pada anak yang aktif, anak Anda akan merasa kurang nyaman sehingga cara mendidik anak agar sholeh yang sedang Anda lakukan pun akan mengalami kegagalan. 

  1. Berikan nama anak Anda dengan arti yang baik 

Ucapan ‘nama adalah doa’ tentu pernah Anda dengar, bukan? Walaupun peribahasa, hal ini memang benar adanya. Oleh karena itu, cara mendidik anak agar sholeh yang bisa Anda lakukan salah satunya adalah dengan memberikan nama pada Anda dengan arti yang baik. 

Saat Anda memberikan nama dengan arti yang baik pada anak, tentu Anda akan menceritakan bagaimana latar belakang pemberian nama tersebut yang biasanya berupa sebuah harapan baik untuk Anda dari Anda sebagai orangtua. Dengan arti yang baik dan harapan baik yang Anda berikan melalui nama tersebut, anak Anda akan berupaya agar mereka bisa memiliki tingkah laku dan sifat yang baik layaknya nama yang melekat pada diri mereka. Hal ini juga menumbuhkan rasa penghargaan bagi diri mereka sendiri jika mereka berhasil bersikap baik layaknya harapan pada nama mereka. 

Sungguh cara yang sederhana, namun cukup efektif dalam cara mendidik anak agar sholeh. 

  1. Berikan contoh yang baik dari Anda sendiri

Anak adalah cerminan orangtua. Hal ini karena anak cenderung mengikuti apa yang dilakukan oleh orangtuanya. Jika Anda memiliki kepribadian dan perangai yang buruk, anak Anda pun akan memiliki kepribadian dan perangai yang buruk. Begitu pula sebaliknya. 

Maka dari itu, cara mendidik anak agar sholeh adalah dengan memberikan contoh yang baik dari Anda sendiri kepada anak Anda. Selalu bersikap baik dan tulus kepada anak, sehingga anak Anda akan memahami bahwa sikap baik dan tulus tersebut memang harus mereka tiru sehingga anak Anda pun akan tumbuh menjadi anak yang sholeh. 

  1. Kenalkan anak Anda mengenai nilai-nilai kebaikan melalui agama

Meski berbeda-beda, setiap agama tentu memiliki nilai-nilai kebaikan yang dipetuahkan untuk para pemeluknya. Sehingga cara mendidik anak agar sholeh adalah dengan mengenalkan nilai-nilai kebaikan yang ada pada agama yang dianut oleh Anda dan anak Anda agar anak dapat memahami dan mau menerapkan nilai-nilai kebaikan tersebut. 

Apabila Anda dan anak Anda merupakan penganut agama Islam, buku bacaan Ensiklopedia Anak Shaleh dari PT. Mustika Pustaka Negeri bisa menjadi rekomendasi yang tepat untuk cara mendidik anak agar sholeh melalui nilai-nilai kebaikan dalam agama Islam. 

  • Buku Referensi Terbaik - Jilid 1 Ensiklopedia Anak Shaleh

Berisi 12 jilid utama dan 2 jilid tambahan, pembahasan yang ada pada Ensiklopedia Anak Shaleh ini pun cukup komprehensif. Mulai dari mengenal apa itu Islam, kaidah dalam Islam, hingga meneladani sifat baik Rasulullah SAW beserta sahabatnya yang sangat luar biasa mulia ini. 

  1. Ajak anak untuk beribadah bersama 

Berlanjut dari poin sebelumnya, mengenalkan nilai-nilai kebaikan agama merupakan salah satu ‘metode’ yang tepat sebagai cara mendidik anak agar sholeh. Salah satu kiatnya adalah dengan mengajak anak untuk beribadah bersama. 

Sebagai contoh, bagi yang menganut agama Islam, Anda bisa mengajak anak Anda untuk shalat berjamaah hingga mengaji bersama. Lebih baik lagi apabila Anda mengajak anak untuk beribadah di masjid. Begitu pun juga dengan agama yang lainnya, ajak anak Anda beribadah sesuai dengan keyakinannya dan ajak anak Anda ke tempat ibadah untuk melihat bagaimana sikap dan perilaku orang yang beribadah sehingga anak pun bisa menirunya. 

  1. Buat anak untuk berpartisipasi di lingkungan yang positif

Kemampuan bersosialisasi adalah salah satu hal yang perlu dimiliki setiap orang, termasuk pada anak-anak. Sehingga kegiatan sosialisasi dengan orang lain perlu dilakukan, baik pada orang dewasa hingga anak-anak.

Sosialisasi ini bisa menjadi sarana cara untuk mendidik anak agar sholeh. Libatkan anak Anda di kegiatan-kegiatan pertemanan yang positif. Sebagai contoh, apabila Anda dan anak Anda memeluk agama Islam, maka mengikutsertakan anak di kegiatan sekolah agama menjadi salah satu cara mendidik anak agar sholeh melalui kegiatan pembelajaran agama bersama-sama. 

  1. Jangan membentak dan berlaku kasar pada anak

Bersikap keras dan berlaku kasar mungkin menjadi reaksi ‘terpaksa’ saat Anda berusaha mendidik anak melakukan tindakan yang menjengkelkan. Namun, bentakan dan berlaku kasar adalah kesalahan dalam cara mendidik anak agar sholeh, lho. 

Melalui bentakan dan berlaku kasar, anak justru hanya menurut karena merasa takut bukan karena mereka memahami akan esensi kebaikan dari tujuan untuk mendidik tersebut. Kemungkinan terburuk, hal ini justru bisa menimbulkan trauma pada anak Anda. Maka dari itu, cara mendidik anak agar sholeh adalah gunakan peringatan-peringatan daripada menggunakan cara keras seperti membentak. 

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Anak Bicara Kasar dan Penyebabnya

  1. Doakan berbagai hal terbaik pada anak

Doa adalah harapan yang terdalam. Terus berdoa dengan harapan-harapan terbaik pada anak merupakan salah satu cara agar mendidik anak agar sholeh yang patut Anda coba. 

Dengan berdoa, Anda tidak hanya menyerahkan segalanya pada Yang Maha Kuasa, namun juga mampu menumbuhkan semangat Anda agar terus melakukan yang terbaik dalam melakukan berbagai cara mendidik anak agar sholeh. 

Inilah 8 tips cara mendidik anak agar sholeh yang bisa Anda lakukan sebagai orangtua dalam mendidik anak. Teruslah mengupayakan yang terbaik bagi anak Anda, karena sejatinya kebahagiaan yang besar bagi seorang orangtua adalah melihat anaknya mampu tumbuh dan berkembang menjadi orang yang baik bagi dirinya dan sesama.

1 thought on “8 Tips Cara Mendidik Anak Agar Sholeh”

Leave a Comment

Enter Captcha Here : *

Reload Image

Related Post