6 Rekomendasi Metode Pembentukan Karakter Anak

Sebagai orang tua, tentunya melakukan berbagai metode pembentukan karakter anak selalu dilakukan dan diperhatikan. Hal ini agar anak dapat tumbuh menjadi pribadi yang baik, sehingga mereka siap terjun di masyarakat tanpa menimbulkan permasalahan nantinya.

Oleh sebab itu, setiap orang tua akan selalu mengupayakan metode pembentukan karakter anak yang terbaik untuk dilakukan. Bagi orang tua yang hebat dan bertanggung jawab, dari upaya terkecil hingga paling rumit sekalipun bisa orang tua lakukan semata-mata demi membentuk karakter anak agar bisa tumbuh sebagai seseorang dengan kepribadian yang baik. 

6 Cara atau Metode Pembentukan Karakter Anak

Infografis 6 Rekomendasi Metode Pembentukan Karakter Anak
Infografis 6 Rekomendasi Metode Pembentukan Karakter Anak

Ada beragam metode pembentukan karakter anak yang bisa diupayakan oleh para orang tua dalam menumbuhkan karakter anak yang baik. Untuk Anda para orang tua yang sedang berupaya dalam menumbuhkan karakter anak kesayangan Anda, berikut ini beberapa metode pembentukan karakter anak yang bisa Anda terapkan.

  1. Metode Pengajaran

Pengajaran adalah metode pembentukan karakter anak pertama yang bisa diterapkan saat mendidik sang buah hati Anda. Mengingat usianya yang masih kecil, tentu Anda tak bisa mengharapkan anak dapat memahami apa yang baik dan buruk bagi mereka, sehingga peran Anda selaku orang tua adalah dengan mengajarkan nilai-nilai hidup agar kedepannya dapat anak miliki sebagai bekal terjun di masyarakat.

Sebagai langkah sederhana, Anda bisa mengajari anak untuk selalu mengucapkan ‘tolong’ saat mereka membutuhkan sesuatu dan mengucapkan ‘terima kasih’ sebagai tanda rasa syukur atas pemberian atau karunia hal-hal tertentu. Walaupun sederhana, hal ini merupakan etika dasar di kehidupan bermasyarakat sehingga penting untuk melakukan metode pembentukan karakter anak seperti ini. 

  1. Metode Meneladani atau Mencontohkan

Metode pembentukan karakter anak yang bisa diterapkan dalam upaya pendidikan karakter sang buah hati adalah dengan metode mencontohkan (metode meneladani). Maksud dari metode meneladani adalah Anda selaku orang tua perlu memberikan contoh yang baik bagi Anak. 

Sudah bukan rahasia umum bahwa anak cenderung meniru apa kebiasaan yang orang tuanya miliki. Karena ketidakmampuan dalam memahami dan menerka lebih dalam, mereka akan meniru tanpa mengetahui apakah hal yang ditiru adalah baik atau tidak. 

Sehingga pastikan agar Anda, selaku orang tua, selalu bersikap baik dan santun serta tak melakukan perbuatan kasar. Saat Anda menunjukan sikap dan perbuatan yang baik, anak pun akan menuruti sikap baik tersebut. Maka dari itu, metode pembentukan karakter satu ini perlu dipertimbangkan untuk upaya mendidik karakter anak. 

  1. Metode Bercerita atau Storytelling

Metode bercerita atau storytelling merupakan metode pembentukan karakter anak yang patut Anda pertimbangkan dan terapkan dalam mendidik karakter sang buah hati. 

Anda bisa menceritakan kisah-kisah dari para tokoh yang berkarakter baik dan hebat kepada anak. Melalui cerita-cerita ini, diharapkan anak dapat tumbuh motivasi agar bisa memiliki karakter seperti tokoh-tokoh hebat dalam cerita tersebut.

Salah satu buku yang bisa Anda gunakan untuk menerapkan metode pembentukan karakter anak yang satu ini adalah Seri Bahasa dan Budaya Indonesia dari PT. Mustika Pustaka Negeri. 

  • Buku Referensi Terbaik - Jilid 1 Bahasa dan Budaya Indonesia

Hadir dalam tiga jilid, buku ini menyajikan kisah-kisah hebat para tokoh pahlawan dari penjuru Indonesia, mulai dari pulau Jawa, Sumatera, hingga Indonesia Timur yang secara hebat dan patriotik mempertahankan tanah air bangsa dari para penjajah. 

Melalui kisah-kisah hebat yang tersaji dalam buku ini, anak dapat melihat bagaimana karakter hebat dari pahlawan di Indonesia ini sehingga muncul motivasi untuk dapat tumbuh hebat layaknya para pahlawan tersebut.

  1. Metode Simulasi atau Role Play

Metode pembentukan karakter anak bagian keempat yang bisa Anda coba terapkan pada anak kesayangan Anda adalah dengan metode simulasi atau role play. Metode simulasi atau role play ini merupakan metode yang mengajak anak turut serta ambil peran dalam melakukan sesuatu hal dalam upaya pembentukan karakter. 

Anda bisa mengajak anak untuk berpartisipasi dalam kegiatan sosial. Biarkan anak melakukan secara langsung kegiatan sosial yang positif, seperti berbagi dengan sesama, bersikap santun saat berhadapan dengan orang, dan sebagainya. 

Kegiatan sosial yang bisa Anda lakukan bersama anak mulai dari bersedekah, berbagi makanan di momen-momen tertentu (seperti buka puasa dan lebaran), hingga kegiatan gotong royong bersama warga sekitar. 

Baca Juga: 8 Tips Cara Mendidik Anak Agar Sholeh

  1. Metode Diskusi

Pembicaraan empat mata dari hati ke hati kerap kali dijadikan ajang saling mengenali hingga mendekatkan diri. Begitu pun pada metode pembentukan karakter anak. Anda bisa berbicara secara langsung bersama anak Anda untuk lebih mengetahui bagaimana isi hati sang buah hati Anda. 

Dengan metode pembentukan karakter anak seperti ini, anak bisa mengutarakan permasalahan, mencoba untuk memecahkan permasalahannya, hingga menemukan solusinya. Hal ini juga bisa menjadi ajang bonding bagi Anda dan anak Anda. 

  1. Metode Pembelajaran Kooperatif

Metode pembentukan karakter anak yang terakhir dan bisa Anda pertimbangkan dan terapkan untuk pendidikan karakter sang buah hati. Metode satu ini mengajarkan anak untuk bisa aktif bekerjasama, bernegosiasi, hingga berinteraksi bersama orang lain. 

Metode yang satu ini sangat tepat untuk dilakukan karena dapat membentuk jiwa sportivitas, adil, empati, hingga kerja keras. 

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan dalam metode pembentukan karakter anak pembelajaran kooperatif adalah dengan mengikutsertakan anak dalam kegiatan olahraga bersama teman-temannya. Walaupun sederhana, namun esensi dalam metode pembelajaran kooperatif sesungguhnya tersaji dalam kegiatan olahraga bersama – terutama saat dilakukan secara sportif. 

Akhir Kata

Demikian informasi lengkap seputar metode pembentukan karakter anak yang memiliki beragam jenis dan strategi. Sebagai orang tua, tentu Anda ingin mengupayakan seluruh hal yang terbaik bagi anak, termasuk dengan mendidik karakternya agar tumbuh menjadi pribadi yang baik. 

Meski seringkali mengalami kesulitan, Anda harus tetap semangat untuk terus berusaha memberikan metode pembentukan karakter anak terbaik yang bisa Anda lakukan. Karena di balik anak yang tumbuh hebat, ada usaha para orang tua yang luar biasa di belakangnya. 

3 thoughts on “6 Rekomendasi Metode Pembentukan Karakter Anak”

  1. Saya sangat setuju untuk artikel ini dikarenakan pembentukan karakter anak memang harus ada sejak dini

    Reply

Leave a Comment

Enter Captcha Here : *

Reload Image

Related Post